RSS

MYOB

19 Okt

Pengertian MyOB 

Myob adalah Software aplikasi yang membantu bagian keuangan untuk membuat laporan keuangan, lengkap dengan inventory, penjualan, pembelian dan asset perusahaan.  Software akutansi untuk perusahaan kecil atau menengah yang dibuat secara terpadu.

Sejarah MyOB

MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau. Banyak penghargaan diterima oleh jajaran produk MYOB sejak tahun 1991 sampai sekarang. Sukses ini kemudian berkembang ke seluruh dunia. MYOB pada tahun itu juga memenangkan 1991 MacWorld Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best Newcomer Software.Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia. Tahun 1999, saham MYOB Limited mulai diperdagangkan di pasar saham Australia dan menjadi ‘most successful stock listing’ di Australian Stock Exchange. Sampai tahun ini MYOB telah terjual sebanyak hampir 1 juta copies . Di Asia, Perkembangan MYOB mengalami percepatan yang luar biasa dan diharapkan akan mendekati kecepatan perkembangan penggunaan MYOB di Australia, Amerika, Eropa, dan region lain di dunia, hal tersebut ditandai dengan berkembangnya MYOB Asia yang sekarang telah dipecah menjadi MYOB Malaysia, MYOB Singapura dan MYOB Hongkong.

Cara Menjalankan MYOB

Bagi para pemula yang akan menggunakan program MYOB, khususnya MYOB Accounting V 12 ke atas saya punya tips untuk memulai memasukkan data :
> Masuk Program MYOB (klik shortcutnya aja ato lewat start > all program > MYOB Accountin V12
> Pilih CREATE untuk membuat data baru
> Next
> Isikan data perusahaan mulai nama perusahaan (company name) sd e-mail addrees kalo ada
> Next
> Tentukan Accounting Year, current financial year dipilih tahun akhir periode akuntansi, last month dipilih bulan akhir periode akuntansi, conversion month dipilih bulan konversi/bulan data awal di MYOB, & number of accounting period biarkan pada pilihan twelve
> Next
> Next
> Pilih pilihan Build your account list, kalo mau buat akun dalam bahasa indonesia sebaiknya pilih i would like to import … (supaya lebih mudah menambah akun)
> Klik change untuk menempatkan data mau disimpin dimana (bebas, misal di MY Document)
> Tunggu proses penyimpanan, kemudian pilih Command Centre

tool-tool dalam MYOB:

- Accounts : Fasilitas ini berfungsi untuk mencatat data awal perusahaan berupa pencatatan rekening, proses pencatatan transaksi dan proses penjurnalan transaksi.

- Banking : Berfungsi untuk mencatat, mencetak bukti transaksi dan laporan keuangan perusahaan yang dalam transaksinya menggunakan modul Chequebook.

- Sales : Berfungsi untuk mencatat, menampilkan dan mencetak bukti transaksi serta laporan termasuk analisis penjualan barang dan jasa.

- Time Billing : digunakan untuk mencatat panjadwalan pembayaran yang akan jatuh tempo.

- Purchases : Berfungsi untuk mencatat, menampilkan, dan mencetak bukti transaksi serta laporan termasuk analisis pembelian barang dan jasa.

- Payroll : Digunakan untuk mencatat transaksi penggajian karyawan atau pegawai, meliputi perhitungan gaji pokok, bonus dan perhitungan pajak penghasilan karyawan

- Inventory : Berfungsi untuk mencatat data barang yang diperjual belikan, menentukan dan mengubah harga jual serta administrasi persediaan barang.

- Cardfile : berfungsi untuk mengarsipkan data pelanggan, pemasok, data karyawan yang terkait dengan transaksi pembelian dan penjualan barang dagangan atau jasa.

sumber :
http://yudi-erwanto.blogspot.com/2010/01/materi-myob-accounting.html
http://ghanzgallery.blogspot.com/2010/12/sekilas-tentang-myob.html


About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 19, 2011 in hanya tulisan

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: