RSS

Sang Juru Kunci Merapi ‘Mbah Maridjan’

26 Nov

Raden Ngabehi Surakso Hargo atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Maridjan (nama asli: Mas Penewu Surakso Hargo; lahir di Dukuh Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, 5 Februari 1927 – meninggal di Sleman, Yogyakarta, 26 Oktober 2010 pada umur 83 tahun adalah seorang juru kunci Gunung Merapi. Amanah sebagai juru kunci ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Setiap gunung Merapi akan meletus, warga setempat selalu menunggu komando dari beliau untuk mengungsi. Ia mulai menjabat sebagai wakil juru kunci pada tahun 1970. Jabatan sebagai juru kunci lalu ia sandang sejak tahun 1982.

Sejak kejadian Gunung Merapi akan meletus tahun 2006, Mbah Maridjan semakin terkenal. Karena faktor keberanian dan namanya yang dikenal oleh masyarakat luas tersebut, Mbah Maridjan ditunjuk untuk menjadi bintang iklan salah satu produk minuman energi. Mbah Mardjan dikenal para penduduk disekitar kediamannya adalah orang yang sopan, beliau juga sesepuh yang terkenal di dusun Umbulharjo, Cangkringan, Yogyakarta. Beliau merupakan satu-satunya juru kunci merapi yang mempunyai kontak batin dengan Gunung Vulkanik teraktif didunia itu.
Mbah Maridjan juga orang yang low-profile pada setiap orang yang dia kenal, dia tak pernah sungkan untuk berteman atau berkenalan pada orang lain. Beliau sangat patuh pada Sri Sultan Hamengkubuwono IX karena pada tanggal 26 Oktober kemarin saat Sri Sultan Hamengkubuwono X memerintah Mbah Maridjan untuk turun gunung, tapi beliau bersih keras tidak mau, karena beralasan bahwa beliau belum mendapat wangsit atau petunjuk dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Karena pada tahun 2006 lalu saat gunung Merapi meletus dia tidak turun gunung karena mendapat petunjuk dari Sri Sultan hamengkubuwono IX, dan pada tanggal 26 oktober 2010 kemarin beliau ditemukan wafat dalam keadaan Sujud di kamar mandi kediamannya.

Ini merupakan kejadian yang sangat mengejutkan ketika sang “Juru Kunci Merapi” juga menjadi korban amukan “wedus gembel” Merapi. Dan Indonesia pun kembali berduka dengan banyaknya bencana yang terjadi di Tanah Air ini. siapakah yang akan mungkin bisa menggantikan Mbah Maridjan??

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 26, 2010 in hanya tulisan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: