RSS

Cara mempelajari kosa kata (vocabulary)

19 Mar

Berikut akan saya sampaikan cara ampuh untuk menambah pembendaharaan kata berbahasa Inggris anda.

Metode Kartu

  • Tulislah setiap kata bahasa Inggris atau frasa yang merupakan kata yang belum anda ketahui maknanya. Tulislah setiap kata tersebut dalam sebuah kartu yang berukuran 8cm x 6cm. Tulislah kosa kata tersebut dalam huruf kecil karena hal ini dapat membantu anda untuk selalu mengingatnya. Jangan lupa untuk menuliskan jabatan kata pada setiap kosa kata seperti kata kerja, kata sifat dan lain sebagainya.
  • Pada sisi belakang kartu, anda dapat menulis arti atau makna kosa kata tersebut dan dapat pula disetai contoh kalimat dari kosa kata tersebut. Hal ini akan sangat terasa manfaatnya, anda akan mengetahui kapan saatnya kata tersebut dipakai.
  • Saya anggap anda telah memiliki 20 kartu kosa kata, selanjutnya silahkan bermain-main. Bukan main dengan binatang piaraannya loh, tapi dengan kartu tadi tentunya.
  • Langkah 1: ambillah setiap kartu, pelajari dan hapalkan baik kata maupun artinya. Jangan menghafalnya di dalam hati, tetapi keraskanlah suara anda dengan demikian anda bisa mendengar ucapan (pronounciation) anda sendiri, sehingga kalau salah langsung bisa diperbaiki. Cara pengucapan sebuah kata mungkin akan saya bahas lebih lanjut nanti.
  • Langkah 2: kocoklah ke 20 kartu tersebut dan ambillah secara acak 5 buah kartu, kemudian ujilah daya ingat anda. Jika gagal, ulangi mulai dari mengocok kartu. Jika telah berhasil ke 5 kartu tersebut dipisahkan dulu, kemudian ambil 5 kartu baru lagi dan begitu seterusnya.
  • Langkah 3: jika langkah ke 2 anda telah berhasil, kocoklah sekali lagi ke 20 kartu itu dan kali ini ujilah kemampuan ingatan anda untuk kesemua kartu.
  • Langkah 4: pada keesokan paginya, uji lagi ke 20 kartu tersebut. Jika anda lupa satu sampai tiga kata, anda masih dianggap berhasil. Tapi kalau lebih anda bisa mengulangi lagi mulai dari langkah ke 2 pada sore harinya. Begitu seterusnya dan alhasil anda akan mempunyai kosa kata yang banyak dan sulit untuk dilupakan.

Metode Bacaan
Metode ini memang memerlukan sedikit keahlian dalam bahasa Inggris. Karena dalam metode ini anda sudah harus bisa menterjemahkan sendiri teks-teks bahasa Inggris yang panjang dan kompleks. Bagi anda yang belum dapat menerjemahkan kalimat-kalimat panjang, anda bisa menyuruh seorang teman untuk membimbing anda atau bisa juga melalui kolom komentar di blog ini. Dalam meningkatkan kemampuan membaca, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Bacalah sebanyak mungkin. Sebuah pepatah mengatakan: “sukses hari ini akan lenyap esok hari bila berhenti membaca”. Membaca berbagai macam topik akan sangat membantu memperluas wawasan sekaligus menambah kosa kata. Jangan terpaku pada satu bidang bacaan.
  • Bacalah bacaan yang menantang. Anda jangan terus-terusan membaca bahan bacaan yang mudah tetapi carilah bahan yang cukup sulit sehingga apabila berhasil menguasainya, tentulah bahan bacaan yang mudah dapat anda tangani.
  • Bacalah secara kritis. “Membaca hanyalah memberikan materi pengetahuan kepada kita. Berpikirlah sehingga bacaan itu menjadi milik kita” (John Locke). Memang benar, pikirlah apa yang sedang anda baca. Tanyalah pada diri sendiri tentang apa bahan bacaan yang sedang dibaca dan bagaimana penulis mempertahankan gagasannya. Selain itu, dengan bersikap kritis akan membantu kita untuk fokus terhadap bacaan.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 19, 2011 in hanya tulisan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: