RSS

Tweet Pertama Ada 10 Tahun Lalu

22 Mar

http://koreanindo.files.wordpress.com/2010/05/twitter-bird-pic3.jpg
Situs mikroblogging yang mendapatkan posting lebih dari 1 miliar tweet dalam sepekan itu ternyata menerima tweet pertama sepuluh tahun lalu, atau lima tahun sebelum Twitter resmi berdiri pada Juli 2006.
Pendiri Twitter, Jack Dorsey mengkisahkan bagaimana dia pertama kali mencoba untuk mengirim tweet melalui ponsel pintarnya. “Ketika saya masih muda saya terobsesi dengan peta,” kata Dorsey yang ketika itu berusia 14 tahun.
Dia kemudian mempelajari bagaimana menulis perangkat lunak untuk mengirim pesan di mana lokasi si pengirim pesan berada. Pada 2001, Dorsey bekerja di sebuah perusahaan pengiriman dan ketika itu dia menyadari bahwa sebelumnya dia punya “mimpi” tentang bagaimana mewujudkan pengiriman pesan yang sederhana dan melewati batas ruang dan waktu.
“Jadi saya menulis beberapa kode untuk ponsel Blackberry saya dan membuat daftar email teman-teman,” katanya. Kemudian software itu dia gunakan ketika sedang berada di Golden Gate Bison Park. Waktu itu, Dorsey mengirim pesan “Saya berada di taman bison”. “Itulah tweet pertama saya,” katanya.
Tapi sayangnya ketika itu pesan tersebut tidak seketika itu juga dibaca teman-teman Dorsey karena dia mengirim ke surat elektronik. Sekarang teknologi yang diterapkan Twitter lebih cepat dan dapat check-in di suatu lokasi melalui layanan seperti Foursquare dan Gowalla.

Lalu mengapa Twitter baru hadir lima tahun setelah 2001? Dorsey mengatakan di Amerika Serikat baru menerapkan teknologi pesan singkat antar operator ponsel pada 2006.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 22, 2011 in hanya tulisan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: