RSS

Array dan Hash pada Ruby

16 Apr

 Array pada Ruby adalah sekelompok data yang disimpan ke dalam variabel dengan nama yang sama, dengan memberi indeks pada variabel untuk membedakan antara yang satu dengan yang lain. Array pada Ruby ditulis dalam tanda kurung siku ( [ ] ) dan antara elemen didalamnya ditulis dengan pemisah berupa koma.

Hash, kadang bisa disebut jg sebagai associative array.

Hampir sama dengan array, hash juga merupakan kumpulan dari object reference. Bedanya, index array menggunakan integer. Sedangkan, index hash menggunakan object, bisa berupa string, symbol, bahkan regex, dll. Dengan demikian, hash memiliki dua bagian, yaitu key(index yg berupa object) dan valuePenggunaan object sebagai key inilah yg menjadi kelebihan hash dibanding dengan array.

Hash adalah Tipe data hash di Ruby sama dengan tipe data dictionary di Python. Untuk membuat objek hash yang baru, Anda dapat menggunakan literal hash {} ataupun konstruktor Hash.new. Lain halnya dengan array, untuk mengakses elemen objek Hash kita tidak menggunakan indeks seperti array. Kita dapat mendefinisikan kunci(key) yang unik untuk setiap elemen. Sama halnya seperti array, apabila kita mengakses elemen dengan key yang tidak tercantum di hash, maka akan mengembalikan nilai nil.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 16, 2011 in hanya tulisan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: