RSS

sebagian kebudayaan eropa

30 Apr

Praga siang hari, pusat budaya Eropa

Praga merupakan pusat Agama Katolik, pengaruh kerajaan Bohemian saat itu sudah sampai ke negara-negara Eropa Barat. Karena itu arsitektur bangunan di kota Praga dipengruhi oleh gaya arsitektur dari segala penjuru Eropa.
Saat perang dunia kedua, Tjeko tidak sempat terkena bom-bom baik dari Jerman maupun dari sekutu. Karena itu oleh Unesco, sejak tahun 2001, Praga ditetapkan menjadi kota pusat budaya Eropa. Kita bukan hanya dapat menjumpai beragam seni yang tinggi, arsitektur yang luar biasa, tarian, musik, tetapi kita juga bisa menjumpai seni perhiasan dari batu-batuan, amber, dan diamond. Yang lebih terkenal lagi, kristal Bohemian yang terkenal di dunia.
Pendek kata jika belum ke Praga, impikan bisa datang kesana. Kalau gak, nah kusyer fotonya.
Ups….masih ada yang disayangkan dari kota ini, karena masalah perduitan dan perpolitikan, kita masih bisa melihat pengaruhnya. Gedung-gedung yang luar biasa itu dimana-mana hitam penuh debu hitam. Tapi engga apa, dapat kita nikmati sebagai nuansa indahnya gedung yang unik dan antik.

Tjekoslovakia, sejak tahun 83 dipisah menjadi Tjeko dan Slovakia. Kerajaan Bohemian ini sejak tahun 1948 nasibnya jadi negara komunis karena partai komunis yang banyak dipengaruhi oleh Rusia melakukan kudeta. Dalam kerusuhan, banyak barang berharga yang hilang, misalnya barang-barang di dalam kastel Karelstein yang kini kebanyakan tinggal replikanya saja.
Salah satu ciri politik komunis adalah membangun dunia baru, dan membuang budaya lama, tapi untungnya gedung-gedung unik antik tua ini terlalu kuat barangkali buat dibongkar….

Makanan orang Tjeko? Jelas roti, dan tjeko adalah penghasil gandum yang luar biasa. Tapi jika Anda mau makan, ya boleh saja membanding-banding harga dan mencicipi makanannya. Pada dasarnya produk dalam negeri Tjeko murah sekali dibanding produk import. Itu biasa toh di negara komunis begitu, karena pajak rakyat nyaris gak ada malah dapat subsidi pemerintah. Tapi akhirnya ekonominya terasa njomplang. Contoh paling sederhana adalah, makanan khas Tjeko adalah daging bebek.Sedang ayam, sapi, kambing kebanyakan import dari negara tetangga. Jadi daging2 ini terasa mahal buat orang Tjeko sekalipun masih terbilang murah jika dirasakan oleh negara tetangga yang menggunakan duit euro. Duit Tjeko namanya Kron. Jika beli roti bolletjes atau baguet kecil (roti kadet/roti tawar kecil maksudnya) harganya cuma sekitar 50 sen Kron saja, itu sama dengan kira-kira 2 sen euro. Eee…mau beli gituan di negara berduit euro ya gak dapet dong. Dengan satu euro anda cuma dapat sebiji di negara berduit uro, tapi di Tjeko dapat 50 biji. Hayo hopo tumon.

Saat baru datang kita cari makan masuk restoran Cina, wah kok harganya murah-murah rek….kita kemaruk pengen makan segala macam seperti yang tertera dalam menu, kata si pelayan gak ada, gak ada, gak ada…. akhirnya yang ada di meja kita, cuma nasi goreng dicampur sayuran, dan mi goreng dicampur sayuran pakai daging bebek.

Kita jalan-jalan ke mol gede banget, ada foodcourt dan ada pojokan makanan Vietnam. Gambarnya aduhai mak enak enak, kupesan yang enak-enak itu…geleng-geleng terus, akhirnya yang kita dapat lagi-lagi nasi goreng pakai sayur, dan gorengan bebek. Ee…kirain teh, saat di restoran Cina lagi kehabisan daging sapi ataupun ayam, gak tahunya yang bisa dijajakan ya produksi dalam negeri, bebek. Daging lain buat mereka ya kemahalan karena import…

Kini Tjeko menjalankan perestroika, keterbukaan, dan reformasi ekonomi menuju ekonomi yang lebih liberal. Pendapatan atau gaji2 akan dinaikkan, tetapi orang akan dipajak. Berbagai subsidi akan ditarik, ke sekolah dan berobat kini harus membayar…..

Tjeko terkenal akan budaya agrikulturnya, sejak dulu terkenal produsen mesin-mesin berat mekanisasi pertanian. Traktor, adalah unggulan Tjeko.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 30, 2011 in hanya tulisan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: