RSS

perkembangan web science di dunia global

02 Jul

Perkembangan Web Science sendiri menurut saya merupakan kajian sains dari Web yang lahir dari sistem Informasi atau dengan kata lain adalah ilmu yang mempelajari tentang web, perkembangan web dan lain sebagainya. Pada Web Science juga membutuhkan pemahaman akan Web dan juga pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.
Kelahiran Web Science ini juga di karenakan oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0. perkembangan web yang terjadi luar biasa.Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada masa mula adanya web masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia kemesin,dan Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software,  dan lain sebagainya. Web itu selalu berkembang dan kita butuh untuk mengerti itu untuk mengantisipasi perkembangan masa depan, mengidentifikasi peluang-peluang dan ancaman-ancaman, dan membangun suatu prinsip atau pengetahuan baru. Ilmu pengetahuan tidak perlu ada sepanjang waktu, itu muncul secara periodik. Gabungan atau persimpangan antara 2 atau lebih ilmu pengetahuan itu namanya ilmu pengetahuan kognitif.
Tujuan dari web itu sendiri adalah sebagai berikut :
  • Untuk mempromosikan dan mendorong dan mendorong penelitian kolaboratif untuk mempelajari pengembangan web.
  • Untuk memberikan forum global bagi para akademis, pemerintah, dan industri untuk mengembangkannya.
  • Untuk mendorong perkembangan dari web dan memungkinkan merancang inovasi kurikulum untuk prinsip atau pengetahuan baru dari web science. Jadi, untuk melatih generasi-generasi pendatang dari peneliti web itu sendiri.
Yang penting dari web science adalah web science itu interdispliner. Maksudnya adalah ilmu yang saling berhubungan, berkaitan satu sama lain, seperti matematika, fisika, kecerdasan buatan, sosial-budaya, ilmu politik, hukum, media, rekayasa web, biologi, ekologi, geografis yang didalamnya perlu kita pahami.
Web science pada waktu dulu kita perlu mengetahui struktur dari web, bentuk dari web, bagaimana membangun web yang menyediakan keamanan dan untuk mempublikasikan koneksi web dari link yang satu ke link yang lain sehingga mereka membuat siklus. Jadi, koneksi akan ada, dan web kecil dipublikasikan atau masyarakat mempengaruhi web yang lebih besar itu dengan memahami faktor-faktor ilmiah, teknis dan sosial.
Web science pada masa sekarang, fenomenanya sukarela. Maksudnya adalah dikontribusi oleh seorang relawan, contohnya seperti wikipedia. Web sosial mempengaruhi apapun seperti pendidikan, lingkungan, dan isu.
Web science pada masa yang akan datang diharapkan web tersebut dapat terkait data informasi yang bisa dihubungkan bersama. Data bisa berada dimana-mana, sehingga kita tidak perlu khawatir bagaimana mendapatkannya kembali.

Saat ini Internet dengan teknologi webnya sudah merupakan sarana yang penting dan dimanfaatkan oleh berbagai disiplin ilmu dan berbagai lapisan masyarakat, tantangan yang dihadapi tidak lagi pada sisi teknis, tapi juga merambah ke arah sosial seperti budaya, bahasa, dan organisasi. Peningkatan kemampuan komputasi pada perangkat komputer serta juga meningkatnya infrastruktur dan aplikasi berbasis Internet telah mendorong terjadinya ledakan informasi. Seperti kita ketahui, saat ini pemahaman komputer bukan saja pada personal komputer ataupun notebook, tetapi perangkat mobile adalah juga merupakan salah satu bentuk komputer. Teknologi Internet dan Web telah memudahkan dalam melakukan penyimpanan dan pendistribusian data serta informasi. Ledakan informasi selain membawa nilai positif juga melahirkan permasalahan baru. Menurut Hearst [Helfin, 2003] salah satu problem baru pada ledakan informasi adalah terjadinya keragaman yang disebabkan oleh beberapa hal utama sebagai berikut:
1. Web adalah massive, dimana jumlah sumber data dan informasi berbasis web mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam orde ratusan ribu hingga juta per tahun.
2. Web bersifat terdistribusi, teknologi web memberikan tingkat autonomi yang lebih tinggi sehingga ketersebarannya juga semakin besar. Akibatnya setiap pemilik web dapat menyajikan data ataupun informasi dengan vocabulary yang berbeda walau yang dimaksud adalah sama.
3. Web juga bersifat dinamis, sebuah web bisa hadir pada jaringan Internet tidak terikat, lokasi geografis ataupun nama logika dari sebuah sumber informasi dapat berubah secara mudah dan sering, perubahan isi dari web juga tidak dapat diperkirakan.
4. Web bersifat open, sebuah web dapat dibuat dan dibaca oleh setiap orang secara prinsip. Sehingga isu keamanan dan kepercayaan (trust) menjadi permasalah tersendiri.
Pada ledakan informasi di Internet, search engine merupakan salah satu kill-application yang penting. Ini menjadi dorongan utama lahirnya search engine Mbah Google. Walaupun Google telah memiliki koleksi data yang menakjubkan, tetap saja masih ada kelemahan utama, yaitu kalau kita mencari sesuatu, maka yang sesuai dengan yang kita inginkan masih di bawah 5% dibandingkan koleksi yang ditampilkan dari pencarian Google. Ledakan informasi tersebut membawa pergeseran teknologi dan pemanfaatan Web semakin dominan. Secara luar biasa telah terjadi pergeseran Web 1.0 ke Web 3.0 sebagai berikut :
Web 1.0 yang sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only.
Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan. Web dan sosial dimulai dengan lahirnya berbagai sarana seperti wikipedia, blog, friendster.
Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan.
Berbagai riset yang komprehensif mempertanyakan bagaimana relasi Web dan relasi terhadap multi disiplin. Riset ini mendorong lahirnya paradigma Web Science. Web Science adalah sebuah ilmu dari desentralisasi sistem informasi. Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web adalah teknologi yang berusia baru beberapa tahun, di sisi lain Web adalah bukan dunia yang statis tetapi super dinamis. Berbagai riset pada Web Science [Berners-Lee,2006] banyak menekankan pada :
• trend perkembangan Web
• tantangan dalam pengembangan Web
• mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online
• pentingnya hal sosial seperti menghargai hak parivasi
• mengidentifikasikan varian dari penelitian Web

sumber : http://fullcourtian92.blogspot.com/2012/03/perkembangan-web-science-di-dunia.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 2, 2012 in hanya tulisan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: