RSS

Perbandingan Antara Game 2D dan Game 3D

19 Mei

Dewasa ini video game sangat banyak jenisnya. Perbedaan yang utama meliputi game 2D dan 3D. Banyak permainan masa kini berfokus pada grafis 3D yang canggih, agar dapat menampilkan gambar yang lebih realistis. Namun, sebagian besar desainer game masih terus memproduksi game 2D. Pilihan untuk menghasilkan sebuah game 3D atau 2D juga tergantung pada jenis permainan, seperti masih banyaknya permainan platforming yang bertahan dengan gaya permainan 2D dan first-person shooters dengan gaya permainan 3D. Berikut adalah perbandingannya:

PRODUKSI
Dalam hal pembuatan game sangat bervariasi tergantung pada apakah permainan tersebut 3D atau 2D. Game 3D lebih mengandalkan model dan bentuk 3D dirancang pada komputer, sedangkan game 2D bergantung pada animasi yang diintegrasikan ke dalam sebuah layar besar (metode mengintegrasikan bitmap) dan gambar 2D di atas permukaan yang datar. Sebagai contoh, model 3D dapat dibandingkan dengan patung sedangkan metode mengintegrasikan bitmap 2D mirip dengan gambar datar. Karena membutuhkan aset seni yang lebih, pembuatan game 3D membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada pembuatan game 2D.

Contoh Game 2D

Contoh Game 2D

VISUALISASI NYATA
Salah satu perbedaan yang paling jelas terlihat antara game 2D dan 3D adalah kualitas visual mereka. Meskipun game 2D seringkali menunjukkan desain artistik yang sangat baik, game 3D lebih baik dalam simulasi realitas. Alhasil, banyak permainan yang berusaha untuk memvisualisasikannya menjadi realistis dengan memilih engine game 3D.

GERAKAN
Gerakan dalam permainan tergantung pada apakah mereka 3D atau 2D. Game 3D memungkinkan pemain untuk bergerak dalam dunia 3D, yang berarti bahwa pemain dapat bergerak lebih dekat dan lebih dalam ke layar. Di sisi lain, game 2D membatasi gerakan pemain pada bidang datar, biasanya kiri dan kanan, tetapi dapat mencakup berbagai arah lainnya juga. Misalnya, Super Mario Bros. meminta pemain untuk menjelajahi dunia 2D, bergerak dari kiri ke kanan sampai tujuannya tercapai.

Contoh Game 3D

Contoh Game 3D

KONTROL
Karena dimensi sebuah permainan itu menentukan berbagai gerakan pemain, game 2D dan 3D menggunakan cara yang berbeda untuk mengontrol karakter mereka. Game 3D menggunakan joystick untuk mengontrol karakter mereka. Joystick memungkinkan pemain untuk bergerak dalam ruang 3D dan cukup sensitif untuk mengontrol kecepatan sebuah karakter. Di sisi lain, game 2D menggunakan keyboard maupun tombol digital yang memungkinkan pemain untuk menekan tombol atas, bawah, kiri dan kanan.

Sumber :
http://www.google.com
http://www.wikipedia.org

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 19, 2013 in hanya tulisan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: